Blog Archive

Wednesday, October 12, 2011

tarot buat apa sih?

tarot. apa yang kalian pikir begitu mendengar kata ini?
magiskah? atau perdukunan kah? atau mistis? kartu kematian? hah?
sebagian orang pasti berpikir tarot adalah media yang mistik untuk meramalkan masa depan dan seorang yang berhubungan dengan tarot pasti punya kekuatan magis.

et et et.... temen-temen jangan salah sangka dulu ya.. karena tarot itu sebenernya bisa juga dipakai sebagai alat psikologis yaitu sebagai media konseling.
ga perlu pake baca-baca mantra guna-guna, doa-doa, komatkamit apalagi sampe nyembur kliennya.. karena tarot itu sebenernya cuman sekedar simbol.
Carl Jung adalah seorang psikolog pertama yang menyadari dan menemukan simbolisme dalam kartu tarot.
pernah denger kalo tandatangan, tulisan, gambar, dll bisa memperkirakan karakter dan kepribadian seseorang? nah kira-kira tarot juga kaya gitu lah.. pikirin aja sendiri apa maksud gue.



kartu yang dipilih klien menggambarkan dirinya karena bagaimanapun saat memilih kartu-kartu tersebut alam bawah sadarnya bermain.
Setuju ga dengan kalimat 'di dunia ini ga ada yang kebetulan'? kalo gue setuju banget, karena emang gue udah rasain sendiri semua perbuatan gue sekecil apapun pasti ada dampaknya walaupun mungkin banyak orang ga menyadari akan hal ini.


Sebagai contoh ni adalah pengalaman pribadi gue, gue pernah iseng memilih salah satu kartu yang menggambarkan diri gue dan yang muncul adalah ini :


coba perhatiin gambarnya. Disitu ada seorang pemuda yang lagi berpetualang yang keliatannya bebas, ceria tapi juga seperti yang cuek dengan jurang di depan yang menantinya. Terkesan gegabah dan terlalu spontan.
Setelah gue renungkan oh iya emang bener gue orangnya suka bertindak bodoh tanpa berpikir panjang dulu, ceroboh, gue sering cuek dan ga mikirin jalan gue ke depannya. Tapi positifnya gue adalah orang yang bebas, kata orang gue sering terlihat tanpa beban (padahal semua orang pasti punya masalah), gue ngelakuin apa yang emang gue ingin lakuin dan karena kecuekan itu kalau ada orang yang jelek-jelekin gue guenya ga peduli hahaha!

Dan gue juga memilih satu kartu yang menunjukkan apa yang harus gue perbuat untuk masa depan gue, yang keluar adalah kartu ini :


loh maksudnya gue disuruh mati aja? enak aja lu gue getok juga nih. bukaaaaaan!
maksudnya dari sini yang gue ambil adalah gue memang harus 'mematikan' sifat-sifat yang merugikan gue contohnya yang diatas tadi gegabah itu.. gue harus mikir dulu jangan bertindak ceroboh, dan gue harus lebih terbuka akan masukan-masukan orang lain serta banyak belajar. gue harus mengalami masa transisi. intinya sih gue harus move on dan mengeliminasi hal-hal yang membawa ke jurang keterpurukan tadi. (ceilah bahasanya).


Gue sendiri sebenernya belum lama belajar baca simbol-simbol dibalik tarot, dan gue sendiri bukan pake buat ngeramal-ramal masa depan gitu, tapi sebagai sarana konseling tadi.. ya curhat-curhatan deh sama temen gue hehehe.
Kalo lepel bisa dibilang gue lepel kelas pindanglah jangan teri amat gue ga suka. Soalnya gue orangnya agak kesulitan buat merangkai kata-kata yang tepat waktu bicara. hahaha padahal bukan bicara aja, secara tulisan pun gue geje begini.. (-_____-)
Tapi beberapa orang yang pernah konsultasi ke gue bilang kalo gue bener juga dan saran dari gue manjur, yihaaa~
Apa yang gue lakukan? gue denger curhatan mereka dan apa yang mereka mau tanyain. Gue cuman menyampaikan apa yang gue liat dari kartu yang dia pilih lalu memberi tau kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi apabila dia melakukan sesuatu. Terakhir gue kasih advice semampu gue.

Itu bukan karena gue bisa baca pikiran orang. Itu cuman dari pembelajaran. Gue belajar untuk memperhatikan dan memahami orang.
Sebenernya semua orang juga kalo pada mau bisa. Gue rasa semua manusia itu punya potensi untuk mengerti orang lain secara mendalam dan memberi masukan bahkan kata-kata yang menggetarkan jiwa kaya kata-kata seorang motivator pa Mario Teguh. hehehe
Kenapa bisa? yaiyalah kita semua ini manusia, sejenis kok, diciptakan Tuhan sama! Cara komunikasinya juga sama.. bicaranya juga sama pake mulut ga pake kaki.
Beda halnya kalo kita coba menyelami perasaan seekor cicak di dinding. mana bisaaaa? itukan ga sejenis sama kita, cara komunikasinya aja beda, gimana bisa saling menyatukan hati dan memahami, ya toh? 

Jadi gue rasa ga sesatlah kalo kita main-main dengan tarot untuk sarana curhat doang dan saling memberi masukan mah :P
Sebuah benda itu baik-buruknya tergantung gimana kita memandangnya dan ngegunainnya. Contohnya aja sebuah pisau yang sering terlihat jadi alat membunuh di film-film horor psikopat terlihat buruk jika digunakan dengan buruk seperti itu, tapi kalo kita pake buat alat masak motong-motong wortel engga kan? malah jadi berguna dengan baik. haha nah gue pikir gitu juga dengan tarot.

Selanjutnya kalo mau tau lebih dalam tentang gue tarot dan arti-arti dari tiap simbolnya bakalan gue posting lain waktu, pantengin blog gue ya.. follow dong sepi nih! Sekian dulu deh, dadadadadadadaaaah!

ini ceritaku, ceritamu aku gamau tau mana ceritamu? :)



Comments
20 Comments

20 comments:

  1. Menarik nih! Kapan-kapan minta tolong.

    ReplyDelete
  2. :) makasih udh mampir
    *tiup debu, bersihin sarang laba-laba*

    ReplyDelete
  3. Hmm.. Actually i don't believe such a thing, but it looks a lil bit interesting,
    Sometimes please give me a try, would ya? ;)

    ReplyDelete
  4. gak bisa ngartiin gambar tarotnya -__-"

    ReplyDelete
  5. cara ngartiin gambar tarotnya gimna yak ?

    ReplyDelete
  6. @beby & cacing : caranya yaaaaaaaa dipelajari, dan satu kartu itu maknanya ga cuman satu, tergantung kombinasi dan hubungannya dengan kartu-kartu lainnya juga.. tar kapan2 gue posting dikit. eheee

    ReplyDelete
  7. inti dari permainan tarot itu
    si klien memvisualisasikan masalahnya dalam gambaran sebuah kartu
    lalu memberikan nasihat agar orang tersebut bisa lepas dari masalahnya

    dan yang terpenting, cara meramal tidak bisa dilakukan dengan sembarang cara
    ada dengan menjejerkan 3 kartu, atau 5 kartu
    bahkan ada yang membuat tebaran sendiri :3

    oh iye, ada 2 arcana di Tarot, mayor ama minor
    kalo bisa dimasukin deh :D

    btw...
    kartu gw chariot, keseimbangan antara baik dan buruk

    nice post btw :)

    ReplyDelete
  8. @septiaji : yah bingung kenape?

    @fathan : iyeee maksud gue juga gitu sih tapi gue lebih berbelit2 jelasinnya, huahaha mksh kesimpulannya XD
    iya inikan versi gue sendiri improve gituuu biarin dong hehe.
    oke.
    wih tarot reader juga nih? salam kenal *salaman*

    ReplyDelete
  9. @panjenk : biarin, sini gue bacain aja, jadi kelinci percobaan gue #eh

    ReplyDelete
  10. ternyata tarot nggak se serem yang gue kira.

    ReplyDelete
  11. @saputra fijai : ya dong, orang2 suka ngirain yang horor gitu deh ihhhhh termasuk emak gue, gue dibilang pengikut ajaran sesat :S

    ReplyDelete
  12. Kartu kematian yah? baru tau saya :D
    yang saya tau adalah kartu remi. hehe

    ReplyDelete
  13. EXACTLY!! gue juga punya tarot tuh dirumah.. dan tarot itu sama sekali bukan benda yang berbau magis atau blahblah itu namanya..
    Kalo buat gue sih lebih sebagai pemberi saran yang lebih baik :3
    banyak yg minta tlg sama gue buat dibacain lewat tarot sih, dan ya.. itu bener2 ngebuka mata mereka buat ngejalanin idup lebih baik :D

    setujuh deh sama melissa

    ReplyDelete
  14. @berbagi kreativitas: kartu kematian sebenernya lebih menjurus ke 'memulai hal baru' dan merelakan yang lama untuk tujuan lebih baik dan itu tergantung sama pilihan diri sendiri untuk melakukan yang mana~ melepas, atau tetep terikat sama yang lama tanpa move on dan melihat yang lain :3

    ReplyDelete
  15. @berbagi kreatifitas : yaudah taunya remi kita main poker aja yo di pos ronda sebelah

    @caca : iyaaaaa gue juga, kan benda baik buruknya tergantung kita gunainnya :)
    tengkyuh uda mampir

    ReplyDelete
  16. Tarot gw bentuknya jelek, makanya gw males maennya -_-"
    kalo kartu gambar ginian beli dimana yeh?

    ReplyDelete
  17. hah emang bentuknya gimanaa? beli dimana?
    kalo aku beli di amazon, ada juga koleksi aku yang aku beli di surabaya ada toko khusus tarot gitu diimpor dari luar negri gambarnya bagus2..
    yang deck rider waite beli di orang.

    ReplyDelete

silahkan komeeeeeeeng :D

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...